Kamis, 16 Juli 2009

Life is so Short

Bila dilihat dari judulnya saja artikel kali ini terasa begitu mencekam, kelam dan gelap. Kalimat ”Life is so short” tidak enak untuk didengar apalagi untuk diucapkan. Dan maafkanlah karena saya berani mengambil topik yang untuk sebagian orang takut membicarakannya. Saya hanya ingin memberikan gambaran betapa singkatnya hidup ini sehingga kita harus menjalani hidup dengan sebaik-baiknya dan melakukan sesuatu yang berguna.

Hidup di dunia ini sangat singkat kematian bisa datang kapan saja, di mana saja dan dialami oleh siapapapun. Kematian tidak dapat kita tolak, cepat atau lambat, kita semua akan kembali kepada Sang Pencipta. Terkadang kematian datang pada saat kita belum berbuat sesuatu kepada orang yang kita cintai misalnya orang tua kita, tetapi mereka sudah pergi mendahului kita.

Kemudian saya mulai merenung mengenai hal tersebut, lalu muncul pertanyaan-pertanyaan dalam diri saya bagaimana jika kematian sendiri itu datang begitu cepat apa yang sudah kita lakukan dalam hidup ini? Sudahkah hidup saya berguna untuk diri sendiri dan orang lain? Saya mulai menyusun logika dan menarik garis merah mengenai hal-hal yang menjadi pertanyaan saya tersebut. Lalu saya mendapatkan sebuah jawaban dari pertanyaan tersebut yaitu belajar.

Mengapa manusia harus belajar? Manusia harus belajar selama hidupnya, belajar itu bukan hanya untuk mempelajari ilmu pengetahuan atau menemukan suatu hal baru tetapi untuk mengubah perilaku manusia yang semula tidak baik menjadi baik, yang tadinya salah menjadi benar, dari yang tidak tahu menjadi tahu. Sepandai apapun kita bila tidak digunakan untuk kebaikan umat manusia maka ilmu yang kita miliki adalah sia-sia saja. Ya kita hidup di dunia ini untuk belajar, belajar untuk jujur, adil, saling mengasihi antar sesama manusia, penuh kasih sayang dan sebagainya. Kita belajar bukan untuk menjadi orang hebat, mendapat gelar dan sukses. Tetapi kita belajar untuk menjadi berkat dan manfaat bagi diri sendiri, keluarga, maupun orang lain.

Kesimpulan yang dapat saya berikan adalah marilah kita semua terus belajar dimana saja baik itu di rumah, di sekolah, di tempat kerja atau lingkungan sekitar kita. Selama keinginan masih ada, belajarlah menjadi berkat dan manfaat bagi orang-orang lain walaupun hasilnya tidak seperti yang kita harapkan karenanya teruslah belajar selama hidup, apapun hasilnya, sebab itulah misi manusia.

Tidak ada komentar: